Dalam proses belajar mengajar di kelas banyak faktor yang akan menunjang keberhasilan pembelajaran, diantaranya : media pembelajaran, pemilihan metode yang menarik, manajemen kelas dan lain-lain. Berikut ini akan dibahas beberapa tips dan trik menciptakan media pembelajaran yang menarik sehingga diharapkan akan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada prestasi belajar yang diraih.
1. TENTUKAN
JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Perhatikan
dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar
(presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias
untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran
menurut kegunannya ada dua:
A. A.
Multimedia Presentasi Pembelajaran:
Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru
secara keseluruhan. Berupa pointer-pointer materi yang disajikan (explicit
knowledge) dan bisa saja ditambahi dengan multimedia linear berupa
film dan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Dapat dikembangkan dengan
software presentasi seperti:OpenOffice Impress, Microsoft PowerPoint, dsb.
B. Multimedia
Pembelajaran Mandiri:
Software pembelajaran
yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri alias tanpa bantuan guru.
Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan
tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know
how, rule of thumb, pengalaman guru). Tentu karena menggantikan guru, harus
ada fitur assesment untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan
pemecahan masalahnya. Untuk level yang kompleks dapat menggunakan software
semacam Macromedia Authorware atau Adobe Flash. 2.
2. TENTUKAN
TEMA MATERI AJAR
Ambil
tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu meningkatkan pemahaman
ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan
utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untukmeningkatkan pemahaman
siswa. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini
malah mempersulit siswa.
3.
SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD)
Susun
alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi
ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal
yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana
materi diajarkan sudah lebih dari cukup.
4.
MULAI BUAT SEKARANG JUGA !
Jangan
menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan Openoffice
Impress atau Microsoft PowerPoint anda. Mulai buat slide
pertama, isikan bahan ajar yang ingin anda multimedia-kan. Terus masukkan bahan
ajar anda di slide slide berikutnya, mulai mainkan image, link dengan gambar,
suara dan video yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet.. Kuncinya
adalah tekun, sabar dan pantang menyerah. Tidak ada ilmu pengetahuan yang bisa
didapat secara instan, semua melewati proses panjang.
5.
GUNAKAN TEKNIK ATM
Terapkan
metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat
contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan
image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas:
Cari
dari berbagai sumber
Buat
sendiri apabila mampu
6.
TETAPKAN TARGET
Jaga
keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk
mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual,
atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses belajar
membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara kontinyu alias
tidak putus di tengah jalan.
7.
INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY
Berani
mencoba dan mencoba lagi
Belajar
mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku)
Tekun
dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas
Selamat
mencoba……..
Sumber:http://sd-gs.tarakanita.or.id/artikel/2012/09/21/tips-menciptakan-media-pembelajaran-yang-menarik.html